Presiden Jokowi Semringah Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20

0
71

Presiden Jokowi -PSSI membawa Piala Dunia U-20 ke Indonesia yang berlangsung pada 2021. Netizen pun memberikan pujian kepada Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha yang berhasil meyakinkan FIFA untuk memberikan kepercayaan kepada Indonesia sebagai tuan rumah.Namun, Sesmepora, Gatot Dewa Broto mengungkap sebuah fakta, yang berbeda dari pandangan netizen. Menurutnya, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menjadi aktor utama yang membawa Piala Dunia U-20 ke Indonesia.

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

“Pak Menteri (Menpora Zainudin Amali) sudah berterima kasih kepada Presiden Jokowi. Sebab, tanpa Presiden, deklarasi pada 17 Agustus, dan diikuti para menteri lainnya, yaitu Menkumham, Menteri Keuangan, Menteri Tenaga Kerja, Menkominfo, dan Kapolri,” katanya di Jakarta, Minggu (27/10/2019).

BACA JUGA :live roulette online indonesia

“Itu menjadi sebuah dokumen yang wajib dikirimkan ke FIFA. Kalau dokumen itu tidak ditandatangani Presiden, seindah apapun presentasi PSSI tidak ada gunanya. Yang penting itu jaminan pemerintah. Sebab, pemerintah yang menjamin masalah keamanan, pajak, dan sebagainya,” ujar Gatot melanjutkan.

Seperti diketahui, FIFA telah menunjuk Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Indonesia mengalahkan pesaingnya, Peru pada pertemuan Dewan FIFA di Shanghai, Tiongkok, Kamis (24/10/2019).

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi

Setelah ditetapkan sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021, pemerintah segera membuat Instruksi Presiden (Inpres) untuk membantu PSSI menyiapkan segala hal, termasuk memperbaiki lapangan latihan yang masih menjadi sorotan. Namun, Gatot mengatakan, PSSI tidak boleh sepenuhnya bergantung dengan pemerintah.

Nextnya? Minggu depan kita rapat mengenai Inpres (Instruksi Presiden), yang memungkinkan PSSI (tidak bekerja) sendirian. Seperti Asian Games dulu, ada stadion kurang bagus, nanti direnovasi oleh PUPR.”

“Inpres kapan selesai? Kami harapkan akhir tahun ini selesai karena waktunya pendek. Tahun depan itu sudah eksekusi. PSSI juga didorong mendapatkan sponsor karena tidak bisa mengandalkan APBN. Namun, pemerintah juga tetap membatu, seperti Asian Games 2018,” ucap Gatot.

Presiden Jokowi Siapkan 10 Stadion

Untuk menunjang perhelatan Piala Dunia U-20 2021, PSSI telah menyiapkan sepuluh stadion. Arena yang dipilih meliputi Stadion Utama Gelora Bung Karno, Stadion Pakansari Kabupaten Bogor, Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Stadion Wibawa Mukti Kabupaten Bekasi, Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung.

Selain itu, ada juga Stadion Mandala Krida Yogyakarta, Stadion Manahan Solo, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, dan Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang.Presiden Jokowi Semringah Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Indonesia Gelar Piala Dunia U-20, Presiden Jokowi Turut Semringah

Indonesia resmi ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Kabar tersebut disambut gembira oleh Presiden RI Joko Widodo.Kepastian Indonesia menjadi tuan rumah itu dikonfirmasi oleh Presiden FIFA Giani Infantino dalam pertemuan dewan FIFA di Shanghai, Tiongkok pada Kamis 24 Oktober.

Indonesia sejatinya punya pesaing kuat. Mereka bersaing dengan Peru dan Brasil dalam pencalonan tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Namun, FIFA akhirnya menjatuhkan pilihan kepada Indonesia sebagai tuan rumah. Presiden Jokowi menyambut gembira kabar tersebut. Saking gembira, ia tak lupa mengungkapkan kegembiraannya melalui akun Facebook miliknya.

“Kabar baik hari ini datang dari FIFA Council Meeting yang berlangsung di Shanghai, Tiongkok, bahwa Indonesia terpilih menjadi tuan rumah kejuaraan sepak bola Piala Dunia U20 tahun 2021,” tulis Presiden Jokowi.”Dalam pencalonan tuan rumah Piala Dunia U20, Indonesia bersaing dengan Brasil dan Peru. “Selamat untuk Indonesia,” kata Presiden FIFA, Gianni Infantino,” lanjutnya.

Pada kesempatan ini, Jokowi juga memastikan Indonesia akan menyiapkan sepuluh stadion untuk dijadikan venue Piala Dunia U-20 2021.”Menyambut ajang besar ini, Indonesia menyiapkan sepuluh stadion sepak bola: Gelora Bung Karno (Jakarta), Pakansari (Bogor), Manahan (Solo), I Wayan Dipta (Bali), Mandala Krida (Yogyakarta), Jakabaring (Palembang), Wibawa Mukti (Cikarang), Patriot (Bekasi), Jalak Harupat (Bandung) dan Gelora Bung Tomo (Surabaya),” tutur Jokowi.

Penunjukkan sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 terasa istimewa. Sebab, ini merupakan momen pertama Indonesia menggelar Piala Dunia.Nantinya, Piala Dunia U-20 2021 dikabarkan bergulir pada 20 Mei hingga 11 Juni. Pada turnamen tersebut, terdapat 24 tim akan berpartisipasi.

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi