2 Calon Pelatih Baru Timnas Indonesia : Shin Tae Young Atau Luis Milla ?

0
329
Calon Pelatih Baru Timnas Indonesia : Shin Tae Young atau Luis Milla
Calon Pelatih Baru Timnas Indonesia : Shin Tae Young atau Luis Milla

Pertemuan PSSI Dengan Shin Tae Young

Spekulasi siapa pelatih Timnas Indonesia selanjutnya mulai menemui titik terang. Ada 2 Calon Pelatih Baru Timnas Indonesia : Shin Tae Young Atau Luis Milla. 

Tak ada Luis Milla, dipastikan PSSI bertemu Shin Tae Young di Malaysia pada 19 November 2019. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Umum PSSI, Iwan Bule, usai menonton langsung Timnas Indonesia U-23 di Stadion Pakansari, Cibinong, Sabtu (16/11/2019).

Ketua Umum PSSI, M Iriawan, mengatakan bahwa hanya pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong, yang melakukan presentasi di Malaysia.

Calon Pelatih Baru Timnas Indonesia : Shin Tae Young
Calon Pelatih Baru Timnas Indonesia : Shin Tae Young

Rencananya, Shin Tae-yong akan bertemu dengan PSSI sebelum pertandingan timnas Indonesia melawan Malaysia pada laga kelima Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Selasa (19/11/2019).

Kata pria yang akrab disapa Iwan Bule itu, Shin Tae-yong akan presentasi pada 19 November 2019. Untuk lokasinya, Iwan Bule tidak mau menyebutkan.

“Jadi hanya Shin Tae-yong saja yang akan bertemu dengan kami pada 19 November 2019. Nanti kami akan lihat penjelasan (visi dan misi) Shin Tae-yong jika melatih Timnas Indonesia,” kata Iwan Bule.

Baca Juga : Egy Maulana Menangkan Timnas Indonesia Atas Iran

Pertemuan dengan Shin Tae-yong akan dilakukan lebih dahulu. Rapat dengan juru racik asal Korea Selatan itu. Kedua pihak akan bersua di Kuala Lumpur, sekaligus menyaksikan pertandingan Malaysia melawan Indonesia di Stadion Nasional Bukit Jalil.

Calon Pelatih Baru Timnas Indonesia
Calon Pelatih Baru Timnas Indonesia

“Tanggal 18 November saya ke Malaysia, lalu 19 November pagi kami audisi atau mungkin assessment dengan Shin Tae-yong,” ujar Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Sabtu (16/11).

“Kami akan lihat pola melatih timnasnya seperti apa,” katanya menambahkan.

Kursi pelatih kepala Timnas Indonesia memang sedang kosong setelah PSSI memutuskan memecat Simon McMenemy pada 6 November 2019. Pada pertandingan melawan Malaysia, skuat Garuda akan didampingi oleh pelatih sementara, Yeyen Tumena.

Pertandingan Timnas Indonesia vs Malaysia

Timnas Indonesia senior saat ini sedang berada di Kuala Lumpur. Skuat Garuda Muda dijadwalkan bertanding melawan Malaysia di Bukit Jalil dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022, Selasa (19/11/2019).

Timnas sendiri pada laga melawan Malaysia itu akan dilatih oleh Joko Susilo berduet dengan Yeyen Tumena. Keduanya sebelumnya merupakan asisten Simon McMenemy. Hal ini dibenarkan Sumardji, manajer timnas Indonesia. Menurutnya, duet Joko dan Yeyen akan mengambil alih tugas pelatih kepala untuk sementara waktu, sampai pelatih kepala yang baru ditunjuk oleh PSSI.

“Bagaimana ya menyebutnya tentang posisi saya sekarang. Tapi, semoga kami bisa mengemban amanah ini dengan baik,” jelas Joko Susilo.

Calon Pelatih Baru Timnas Indonesia
Calon Pelatih Baru Timnas Indonesia

Pelaith yang biasa disapa Getuk ini akan berusaha keras, dan bekerja bersama dengan tim kepelatihan yang lain untuk memberikan hasil terbaik bagi Indonesia.

Sementara Yeyen Tumena mengaku sudah merasakan beban berat sebagai pelatih, sejak timnas Indonesia menderita empat kekalahan beruntun di kualifikasi Piala Dunia kali ini. “Bebannya berat. Tapi ini kan tugas yang biasa diemban seorang pelatih,” katanya.

Pelatih Simon McMenemy dipastikan tidak bakal ada di sisi lapangan saat tim bertanding. Perannya digantikan oleh Yeyen Tumena dan Simon cuma memberi dukungan dari tribune stadion.

Luis Milla Menyusul

Ada pula nama Milla yang disebut-sebut PSSI bisa menjadi pertimbangan menggantikan Simon. Mulanya, pelatih asal Spanyol itu diharapkan datang ke Malaysia di hari yang sama saat PSSI bertemu Shin Tae-yong.

“Luis Milla kemungkinan menyusul karena dia tidak bisa ke Malaysia. Dia bisanya ke Indonesia pada 22 atau 24 November 2019. Kebetulan saat itu saya ada di Singapura sehingga kami akan bertemu di sana,” Iwan Bule menambahkan.

Calon Pelatih Baru Timnas Indonesia : Luis Milla
Calon Pelatih Baru Timnas Indonesia : Luis Milla

Sayangnya, pada hari tersebut Luis Milla tidak bisa ikut menghadari pertemuan dengan PSSI.

“Tanggal 19 November nanti kami hanya ketemu Shin Tae-yong karena Luis Milla tidak jadi datang,” ujar Iwan Bule.

Di sisi lain, PSSI menjadwalkan untuk bertemu dengan Luis Milla pada 22 atau 24 November.

Pertemuan Luis Milla dengan PSSI direncanakan akan diadakan di Singapura.

Ini mengingat Iwan Bule baru selesai mendampingi timnas U-22 Indonesai yang berlaga pada SEA Games 2019 di Filipina.